KAMAZ Truck Raja Rally Dakar !


Highway or Offroad ? No Problem !

KAMAZ (Камский автомобильный завод - КАМАЗ / Kamskiy avtomobilny ZAVOD : Perusahaan Mobil Kamaz) adalah produsen truk dari Rusia yang terletak di Naberezhnye Chelny, Tatarstan, Federasi Rusia. KAMAZ berdiri sejak tahun 1976.Saat ini telah mengekspor truk yang dapat beroperasi di medan berat ke berbagai belahan dunia, termasuk Eropa Timur, Amerika Latin, Cina, Timur Tengah, dan Afrika Utara. Truk KAMAZ telah memenangkan Rally Dakar sebanyak sepuluh kali. KAMAZ merupakan produsen truk terbesar di Rusia dan CIS. Pabrik ini mampu memproduksi 93.600 truk per tahun (260 truk per hari). Selain itu truk KAMAZ juga digunakan oleh angkatan perang Rusia.
KAMAZ adalah sebuah pabrikan truk dari Rusia. Memang bagi kita mungkin masih awam dengan merk truk ini, karena emang tidak masuk ke Indonesia. Meskipun tergolong perusahaan kecil, namun kekuatan dan kemampuan truk ini tidak bisa diremehkan jika dibandingkan dengan perusahaan dari Eropa barat, USA, maupun Jepang. Salah satunya prestasi yang ditorehkan oleh KAMAZ adalah mampu mendominasi dan menjawarai Rally prestisius Dakkar pada tahun 2000 sampai 2013 (kecuali tahun 2001, 2007, 2008 dan 2012).

Basis dari truk ini adalah KAMAZ 4911. Khusus untuk keperluan rally dan kompetisi kemudian dimodifikasi dengan nama KAMAZ 4911 Extreme 4x4 Civilian Sport truck Dakar Rally - sebuah truk dengan sistem penggerak 4 roda dan didesain khusus untuk keperluan kompetisi.

kamaz new
KAMAZ

Truk ini adalah kendaraan khusus (4x4 / penggerak 4 roda) yang ditujukan untuk mengangkut kargo penting pada daerah yang sulit untuk dilewati. Truk ini bisa digunakan secara efisien untuk sarana transportasi khusus. Kendaraan ini dapat digunakan pada daerah dengan iklim ekstrim yaitu pada suhu (-30 ° C hingga +50 ° C). Tim KAMAZ Master telah berpartisipasi dalam rally Dakar yaitu dengan truk KAMAZ-4911 sejak tahun 2003. Truk ini adalah kendaraan yang sangat handal dan kuat dengan karakteristik kinerja tinggi bahkan untuk medan off-road yang sangat buruk. Truk KAMAZ-4911 ditingkatkan kemampuannya menjadi model KAMAZ 4326 yang didedikasikan untuk tampil di reli Dakar pada tahun 2004. Alasan penciptaan mobil ini adalah untuk mengakomodasi perubahan peraturan dari FIA, yang memungkinkan penggabungan mobil sport berdasarkan komponen standar dan rakitan kepada desain kendaraan. Perubahan itu antara lain: mobil sport berpenggerak semua roda, diperbolehkan menggunakan mesin silinder delapan JAMZ 7E846.10-07 dengan kapasitas 830 l / s, selain itu konfigurasi mesin mobil dapat bergeser ke 400 mm, dan kabin - 200 mm ke arah belakang poros roda depan. Hal Ini bertujuan untuk meningkatkan distribusi berat truk. Dengan mengurangi berat depan telah meningkatkan geometri kendaraan, truk tersebut memungkinkan untuk menuruni bukit pasir dengan lancar, tanpa kesulitan seperti terantuk pada bagian bemper depannya. Selain itu, peningkatan di sisi suspensi untuk memaksimalkan daya kejut, termasuk penggunaan penyerap kejutan (shock absorber) baru. 
Berat kendaraan dikurangi, meskipun penyelenggara minimal batas yang diijinkan Dakar adalah 8,5 ton. Selain itu, menurut peraturan FIA mengharuskan perubahan pada sistem pengaturan dari sistem bahan bakar, berakibat pada penurunan kapasitas mesin. KAMAZ 4326 VK dibangun sesuai dengan persyaratan teknis dari penyelenggara rally internasional, dan merupakan kendaraan yang mampu mendominasi pada kelasnya.


Truk Kamaz yang dibekali dengan mesin V8 17.000 cc turbo diesel mampu menghasilkan lebih kurang 740 daya kuda. Cukup kencang untuk menembus kecepatan pada angka 100 mil per jam. KAMAZ mendominasi gelaran FIA rally lintas medan, dan sekarang juga menawarkan produk terbatas sesuai kebutuhan rally dan kendaraan penunjang lainnya. Truk dengan tujuan khusus ini sangat berbeda dengan produksi massal, karena menggunakan fitur-fitur berkekuatan tinggi seperti mesin dengan kekuatan 740 tenaga kuda yang dihasilkan dari mesin V8 turbo diesel 17,000 cc, Transmisi Styer, shock breaker sport, velg besi alloy yang dibalut ban michelin XZL. Dan berbagai fitur lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan.

SPECS : 
-Engine:Model: V8 turbo diesel 17.25 liter
BHP: 730 @ 2500 rpm
Torque: 2700 Nm
-Transmission:
Model: ZF 16S – 251
Type: 16 speed manual synchromesh
Transfer case: Steyr VG 2000 / 300
Final drive ratio: 3.55 : 1
-Wheels & Tyres
Wheel type: 3 Piece forged split rim type
Tires: Michelin XZL 1400 R 20, Central tire inflation system
-Cab
Type: Unitary steel 3 seat, tilting cab over
-Performance
Max speed:100 mph
Max gradient: 36 deg 
Turning radius: 11.3 M
Acceleration from 0 to 100 km / h: 16 sec
Fuel consumption, 100 lt for 130 kms
Fuel tank capacity: 1,000 lt


SOURCE : KASKUS

Komentar

  1. waduh gak ngeri tuh gan truk gede bgitu buat rally
    ane sih ngeri nya kebalik gan hehe:)

    BalasHapus
  2. Mantep nih truknya kalo di buat off road, tapi belum pernah nyoba sih pasti kalo yang pernah nyoba itu rasanya bener-bener puas dan menegangkan. Berharap di indonesia sih ada lombanya

    BalasHapus
  3. Baru kenal kamaz sejak main pc games SPINTIRES. Tampilan truck nya juga oldless.. jadi ga bosenin ngeliatnya..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aliran Sesat, Mencoba Oli PCMO dan HDEO !

Perbedaan Karburator Racing dan Tips Memilih Karburator !

Membongkar Dinamo Starter Sepeda Motor