Standar dan Sertifikasi Oli

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgybXQspSVR2JVOvwBhyphenhyphenNYbn_en6pYSKRyiDmmTvjilU41fO6DXyl9Zw9tEQs6_BuVBGgabudT7svlqEFq0ufNwzVFBF7LG88qoz9frPk10JAI0XuBY1qGEFOggOO10Qp737OW7gaorUSCn/s1600/saeimg.gif
API Standard
API adalah American Petroleum Institute, yaitu sebuah institusi yang menentukan standar dari pelumas yang beredar. Ada dua tipe standar API, yang pertama adalah API Sx, yaitu untuk kendaraan yang menggunakan busi (S = Spark), dan yang kedua adalah API Cx, yaitu kendaraan yang menggunakan kompresi atau diesel (C = Compression).

Semakin tinggi hurufnya, menandakan semakin baik dan tinggi standarnya. Untuk saat ini, Standard API tertinggi adalah API SN dan API CJ-4. Trend masa kini adalah pelumas harus digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama dan juga bisa meningkatkan efisiensi bahan bakar. Sehingga standar API SN adalah standar untuk Fuel Efficiency yang mengacu kepada Energy Conserving dan Low Emission.

JASO Certification
JASO adalah Japanese Automotive Standard Organization, yaitu institusi yang membuat standar pelumas untuk kendaraan yang berasal dari Jepang. Secara umum, mereka membuat standar untuk pelumas yang digunakan Motor Jepang.

Ada dua sertifikasi yang dikeluarkan oleh JASO, yaitu JASO Mx dan JASO Fx. JASO Mx digunakan untuk motor 4-tak dan grade tertinggi adalah JASO MA2. Sementara JASO Fx digunakan untuk motor 2-tak dan grade tertinggi adalah JASO FC. Sedangkan untuk mobil diesel ada JASO DL (Diesel Light) dan JASO DH (Diesel Heavy Duty).

JASO MA memiliki 3 kategori yaitu JASO MA1, MA2, dan MB. kategori MA1 dan MA2 diperuntukkan bagi motor kopling basah, dimana MA2 merupakan oli dengan nilai friksi yang lebih besar daripada MA1. Sedangkan kategori MB diperuntukkan bagi motor dengan gearbox terpisah, sehingga oli kategori JASO MB memiliki nilai friksi yang lebih rendah dari JASO MA1.

ILSAC Certification
ILSAC adalah International Lubricant Standardization and Approval Committee, yaitu institusi yang mengatur standar pelumas untuk grade yang lebih tinggi. Standard ILSAC merupakan standar tertinggi untuk sebuah pelumas, sehingga kualitas baik atau tidaknya pelumas, apabila sudah mencapai sertifikasi ILSAC, pelumas tersebut akan memiliki kualitas yang baik.

Grade tertinggi saat ini adalah ILSAC GF-5, dan The SuperMajor tentunya sudah memiliki pelumas tersendiri untuk varian GF-5. Standar yang ditentukan untuk pelumas agar mendapatkan sertifikasi GF-5 antara lain adalah:- Energy Conserving- Longer Drain Interval- All-Season Multi Grade Lubricant- Recycleable Used Lubricant

Manufacturer Certification
Untuk Manufacturer Certification, biasanya sebuah pelumas akan di test dengan kondisi dan standar yang sesuai dengan mobil yang diproduksi oleh sebuah produsen. Manufacturer Certification yang terkenal adalah:- Mercedes-Benz (Daimler AG)- BMW- VW (VW Group)- GM (General Motor Group)Mereka memiliki standar tersendiri untuk pelumas yang digunakan. Sehingga apabila di brosur pelumas yang agan gunakan ada manufacturer standard, bisa disebut bahwa pelumas yang agan gunakan memiliki kualitas yang baik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aliran Sesat, Mencoba Oli PCMO dan HDEO !

Perbedaan Karburator Racing dan Tips Memilih Karburator !

Membongkar Dinamo Starter Sepeda Motor